Minggu, 02 Oktober 2011

CARA MEMBUAT EMAIL


Ini adalah artikel pertama saya yang dipostingkan di blog ini, yang membahas tentang Bagaimana Cara Membuat Email. Kenapa yang saya bahas cara membuat email ? Bukan cara bikin blog seperti ini atau cara bikin kue. Karena saya ingin membantu anda yang belum punya atau belum bisa membuat email.

Kalau saya bahas cara bikin blog duluan, tapi anda belum punya email, kan gak bisa juga blog atau website itu jadi tanpa adanya email, karena pada Register (Pendaftaran) bikin blog umumnya juga mendaftarkan alamat email kita.

Dan juga saya fikir, , !! Hampir semua orang sudah bisa membuat email, tapi setelah saya lakukan riset di Google, masih banyak orang yang belum tahu cara membuat email. Sebenarnya sih, , caranya mudah saja bagi yang bisa, tapi bagi yang belum bisa mungkin masih termasuk sulit. Ya kan !!!

Maka dari itu di artikel saya yang pertama ini, saya ingin membahas cara tersebut. Karena kalau kita sudah punya email, maka untuk membuat yang lainnya lebih mudah, seperti membuat blog/website, membuat Facebook, Friendster, dan masih banyak lagi. Jadi akan saya bahas satu per satu.

Umumnya orang membuat email menggunakan paman google atau paman yahoo. Mungkin anda bertanya kenapa saya panggil paman ?? Yaa emang biasanya saya panggil paman, bahkan ada yang manggil Mbah. Karena hampir semua orang di seluruh dunia yang lagi mencari informasi atau sebagainya lewat internet memakai Google atau Yahoo. Ada juga menggunakan MSN, Wikipedia, atau Amazon. Tapi paling banyak menggunakan Google atau Yahoo.

Eh ko, , kita malah membahas paman Google sama paman Yahoo, kan kita mau membuat email. Yaa, karena mereka itu juga penting. Oke, langsung aja saya ajarkan cara membuat email. Ada 2 yang saya ajarkan. Cara membuat email Google dan cara membuat email Yahoo. Tapi yang pertama saya bahas cara membuat email Yahoo. Kenapa gak email Google dulu ? karena email pertama saya email Yahoo, he he he.

Cara Membuat Email Yahoo

Anda pasti taulah siapa itu Yahoo yang saya panggil paman tadi. Yahoo adalah mesin pencari (Search Engine) berbagai informasi-informasi yang kita perlukan, sama juga seperti Google. Pertama anda buka dulu situsnya Yahoo di www.yahoo.com, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini
Kemudian anda klik atau pilih yang tulisannya Sign Up (Buat Account) seperti yang saya lingkari merah pada gambar. Maka akan muncul lagi gambar seperti ini
Itu juga bisa disebut formulir untuk kita mendaftar membuat email Yahoo. Isi formulir tersebut dengan benar sesuai data anda. Nah, yang saya lingkari merah pada gambar, itu adalah alamat email anda, misalnya bayu@yahoo.com.

Dikolom yang saya lingkari hijau, pilih pertanyaan dan isi dengan jawaban anda. Ini juga penting, anda harus ingat dengan jawaban anda sendiri, mungkin saja sewaktu-waktu berguna. Misalnya anda lupa password atau kata sandi email anda, biasanya diajukan pertanyaan yang anda pilih, dan anda harus menjawabnya sesuai yang anda jawab di formulir Yahoo tadi juga. Karena kalau tidak sama jawabannya maka jawaban anda dianggap salah. Pikir Yahoo kan, kalau itu email anda otomatis anda tau jawabannya.

Nah selesai sudah cara membuat email Yahoo. Bagaimana ? Sudah bisakan ! Sekarang email Yahoo anda sudah jadi. Kalau anda mau keluar dari email pilih Sign Out (Keluar). Kalau mau masuk email anda lagi, pilih Sign In (Masuk) seperti yang dilingkari pada gambar.
 
Cara Membuat Email Google

Pertama anda buka dulu www.google.com, kemudian pilih Gmail seperti yang saya lingkari
 
Setelah anda pilih Gmail akan muncul gambar seperti di bawah ini
 
Setelah muncul gambar seperti di atas, anda klik Buat Akun dan akan muncul lagi gambar berikut
 
Nah gambar di atas sama seperti Yahoo yaitu Formulir Pendaftaran Email Google (Gmail). Anda isi formulir tersebut dengan lengkap. Setelah itu pilih yang ditunjukan oleh tanda panah untuk ke proses berikutnya.

Anda ikuti prosesnya dengan benar, maka Email Google sudah jadi, dan anda sudah bisa menggunakannya.

Wah, kemungkinan anda sudah punya 2 email ya ? Gak mungkin gak bisa lagi bikin email kalau anda mau belajar. Tapi ingat, bukan hanya membaca artikelnya saja, tapi juga harus mempraktekkannya.

Kalau anda sudah punya email, anda harus bisa menggunakannya, misalnya cara mengirirm email, cara membuka email yang masuk, atau yang lainnya. Kalau anda belum bisa, anda bisa baca di artikel saya yang lainnya.

Dan juga harus anda ingat !! Anda hanya menyebarkan atau memberitahu alamat email anda saja ke orang lain, tapi jangan sampai anda juga memberitahu passwordnya. Karena kalau sampai orang lain tau password anda, maka malanglah nasib email anda. Karena kemungkinan akan di otak-atik oleh orang yang membukanya, bahkan bisa dijadikan sebagai alat untuk kejahatan. Bukannya saya Su’uzan, tapi kan kita harus waspada juga, karena sudah banyak kejahatan di dunia maya ini salah satunya menggunakan email.

Jangan lupa masukan Nama dan Alamat Email Anda di form yang sudah saya sediakan di samping untuk mendapatkan E-Book Gratis tentang Bisnis Online serta akan mendapatkan info yang akan saya kirimkan ke email anda.

Jangan lupa juga anda berikan komentar/saran dan kritiknya di bawah ini, agar saya bisa membuat blog ini menjadi lebih baik. Terima kasih.
Agus Sugianto
 www.bima-informasi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar